Selasa, 02 April 2013

Petualangan Dimulai

,
Akhirnya setelah menunggu hampir 2 bulan, hari ini rencana usaha jamur kuping terlaksana juga. Gudang yang telah disulap menjadi kumbung jamur telah terisi 2000 baglog jamur kuping.

Dua hari lalu baglog diantar ke rumah dengan 2 kali pengiriman masing-masing 1000. Tidak langsung masuk gudang karena meski berhadapan langsung dengan jalan raya, jalan masuknya hanya muat buat motor. Padahal mobil harus ditempatkan sedekat mungkin karena baglog tidak dimasukkan satu-persatu. Terlalu lama. Plus tidak boleh kena panas matahari secara langsung. Terpaksa 1000 ditempatkan di ruang depan tapi langsung penuh, lainnya ditaruh  di teras depan yang jaraknya +/- 15 m.

Baglog-baglog itu dipindahkan dari bak mobil dengan cara dilempar dua-dua oleh dua orang. Satu orang bertugas melempar dari atas bak lainnya menangkap dan menatanya. Sangat cepat. Tidak lebih dari satu jam 1000 baglog jamur kuping telah berpindah dari mobil dan tertata rapi.

Masalah sesungguhnya justru cara memindahkan baglog-baglog itu ke dalam gudang untuk memudahkan pemasangan. Kebetulan orang yang biasa diminta bantuan untuk urusan seperti ini sudah dibooking duluan. Hari Minggu baru bisa. Mau ditinggal begitu saja di luar rumah terlalu riskan. Lha itu duit semua je. Akhirnya nekat dimasukkan sendiri cuma pakai ember muat 8 buah, dibantu isteri.

Kebayang pegelnya. Seribu baglog dibagi 8, tiap baglog bobotnya +/- 1,3 kg (iseng ditimbang) bolak balik 15 meter. Sampai Maghrib baru masuk sekitar dua pertiga, padahal badan sudah pegal-pegal semua. Akhirnya sementara dimasukkan ruang tamu, besok dilanjutkan.  

Rencana semula baglog jamur akan ditaruh di rak di hari Minggu. Tapi berhubung bapak-bapak yang akan membantu menata sudah ditunggu di tempat lain, maka kemarin langsung dipasang. Memang untuk kali pertama ini harus dibantu oleh orang yang sudah berpengalaman mengingat rak yang dipakai untuk jamur agak spesifik. Ada teknik tertentu agar baglog tertata dengan baik dan tidak roboh dan jamur nantinya bisa berkembang dengan baik. Untuk masalah ini mungkin bisa dibahas lain kali.

Dalam sehari 2000 baglog telah terpasang rapi di rak.

Maka mulai hari ini dinyatakan telah resmi (belajar) menjadi petani jamur kuping.  
 

Jamur Segudang Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates