Kamis, 04 April 2013

Melubangi Baglog Jamur Kuping

,
Sekarang hari ketiga baglog di dalam gudang. Sesuai jadwal hari ini baglog-baglog jamur kuping itu harus dilubangi. Tujuannya untuk memberi jalan bagi tumbuhnya tunas jamur (pinhead).

Kalau diamat sekilas, baglog-baglog ini cukup baik. Miselium telah tumbuh hingga hampir 50% dari tubuh  baglog. Ini penting karena semakin banyak bagian yang tertutup miselium semakin baik. Kemungkinan daya tumbuhnya lebih besar. Ada beberapa baglog nampak terkontaminasi. Sebagian ada yang berlubang dan sobek. Bagian ini harus ditutup dengan lakban untuk mencegah kontaminasi.

Kembali ke proses melubangi baglog. Baglog dilubangi di bagian depan sekitar cincin/mulut baglog. Jumlahnya tiga. Jarak antar lubang dibuat seimbang dan diatur agar lubang antar baglog tidak terlalu mepet satu sama lain. Ini berguna untuk mencegah agar jamur yang membesar tidak saling menutup dan mengganggu pertumbuhan karena lembar jamur dewasa yang sehat bisa mencapai 20 cm bahkan lebih.

Dalam dua hari seluruh baglog telah diberi lubang. Agak lama karena ndilalah ada saja hal lain yang harus dilakukan, terutama urusan rutin di warung yang sulit ditinggal. Memang usaha memelihara jamur kuping ini masih jadi sampingan karena masih bersifat uji coba.

Meski demikian, selesainya proses ini cukup melegakan karena jika tertunda bisa mempengaruhi pertumbuhan jamur. Semakin lama baglog dibiarkan tanpa dilubangi maka pertumbuhan jamur juga bisa makin lama.


Tugas selanjutnya mengontrol baglog dan menjaga lingkungan agar terjaga pada kondisi optimal bagi pertumbuhan jamur. Suhu diusahakan tidak lebih dari 30 derajat dan kelembaban antara 80% - 90%. Pengkabutan dilakukan 2 kali dalam sehari. Bisa lebih jika diperlukan misalnya disiang hari terlalu panas dan kelembaban rendah (lihat di thermo-higrometer). Air dari tangki  tidak langsung disemprotkan ke baglog tetapi hanya disemprotkan di udara sekitar rak dan di lantai. Lantai dijaga agar selalu basah untuk membantu menjaga kelembaban.
 

Jamur Segudang Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates