Senin, 24 Juni 2013

Setelah Tiga Kali Panen

,
Dengan dilakukannya panen tanggal 20 Juni lalu, berarti budidaya jamur kuping di gudang telah tiga kali memberikan hasil. Total keseluruhan hasil panen pertama, panen kedua dan panen ketiga ternyata mencapai lebih dari 400 kg. Periode penanaman sejak baglog masuk kumbung hingga panen ketiga kurang lebih 2 bulan 20 hari. Agak telat karena panen pertama mundur satu minggu.

Dengan harga jual jamur kuping minimal 9000 per kilo, hasil kotor yang diperoleh lebih dari 3,6 juta rupiah. Ini sudah melebihi harga pembelian 2000 buah baglog tahap pertama yang hanya sebesar 3,3 juta (dicicil 2 kali).

Menurut informasi yang diterima, rata-rata jamur kuping bisa dipanen antara 6 - 7 kali. Dengan demikian masih ada harapan untuk memperoleh hasil panen yang lebih besar lagi, setidaknya dua kali lipat dari junlah total hasil panen sebelumnya. Menurut sebuah buku praktis tentang penanaman jamur kuping, perhitungan standar jumlah hasil panen jamur kuping selama satu masa penanaman dengan jumlah baglog sebanyak 2000 buah adalah sebesar 700 kg. Masih sesuai dengan hasil sementara ini.

Apalagi hari ini, yang berarti empat hari setelah panen, sudah terlihat tanda-tanda munculnya pinhead/tunas baru. Satu dua bahkan ada yang telah mekar. Entah kapan tunasnya muncul, tiba-tiba saja sudah terlihat agak besar, sekitar 5 centi. Belum banyak memang, tapi cukup melegakan. Alhamdulillah.      
 

Jamur Segudang Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates