Rabu, 29 Mei 2013

Panen Jamur Kuping Tahap Kedua

,
Alhamdulillah panen tahap kedua jamur kuping telah dilakukan kemarin tanggal 27 Mei 2013. Kalau dihitung dari panen pertama, panen kali ini hanya berselang 23 hari saja. Ini kurang lebih sesuai dengan anjuran dari pengepul yang menyarankan panen dilakukan setelah 24 hari saja.



Panen pertama memang agak mundur beberapa hari. Kira-kira pelubangan dilakukan tanggal 1 April lalu panen tanggal 4 Mei. Berarti sekitar 30 hari lebih. Konsekuensinya ada beberapa jamur yang terlalu tua sehingga bobotnya lebih ringan.

Tetapi tak apa, namanya juga masih belajar. Ada kesalahan itu wajar.

Alhamdulillah hasil panen cukup baik. Bobot total 157 kg dari sekitar 1987 baglog. Jumlahnya ganjil karena dari pesanan 2000 baglog jamur kuping, ada 13 baglog yang ternyata panen jamur tiram :).

Harga juga alhamdulillah cukup baik. Kalau panen pertama dibeli Rp 9.000, kali ini harga naik jadi Rp 9.500. Lumayan ada kenaikan 500.

Sayang ada sedikit komplain karena jamur yang dipanen kali ini agak lembab. Sebenarnya ini bukan kesengajaan. Perlakuan yang diberikan sama seperti panen pertama. Artinya jamur disiram terakhir hari Sabtu jam 4 sore. Hari Minggu tidak disiram sama sekali. Hari Senin baru dipanen.

Masalahnya karena cuaca. Kalau panen pertama kebetulan pada seminggu sebelum panen sampai hari pemanenan cuaca cukup panas (bisa sampai 29 derajat) sedangkan kelembaban rendah (hampir menyentuh 70%-an. Sekarang yang semestinya sudah musim kemarau, di sini malah sering hujan. Bahkan sejak tiga hari sebelum panen sampai hari panen tetap hujan meskipun hanya gerimis. Suhu selalu kurang dari 27 derajat, kelembaban sekitar 90 %. Sebenarnya kondisi ini sangat baik kalau terjadi pada saat pertumbuhan. Tapi tidak baik jika terjadi saat panen karena ternyata mempengaruhi kualitas hasil panen. Jamur jadi lembab meski sudah dipetik dan dihamparkan di lantai.

Tapi tak apa. Sekali lagi ini pelajaran berharga.

Semoga panen yang akan datang bisa lebih baik dari segi kuantitas maupun kulitas.
 

Jamur Segudang Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates