Rabu, 03 April 2013

"Senjata" Petani Jamur Kuping tingkat Pemula

,
Judulnya provokatif ya. Masak bertani jamur kuping butuh senjata, kayak mau perang saja.

Tentunya senjata ini bukan sesuatu yang dipergunakan untuk kekerasan. Maksud "senjata" di sini adalah perlengkapan yang perlu disiapkan bagi petani jamur pemula untuk "memerangi" kemungkinan kegagalan dalam menanam jamur.

Alat-alat untuk merawat jamur kuping
 Alat terpenting tentu saja tangki penyemprot manual. Sebenarnya satu tangki ukuran 5 liter dengan nozzle yang bisa diatur sudah memadai untuk merawat hingga 5000 baglog. Di gambar terlihat ada yang lebih kecil ukuran 2 liter. Gunanya sebagai persiapan kalau jamur kuping yang telah besar biasanya ada yang lebih cepat kering dari yang lain sebelum jadwal penyemprotan rutin, sehingga perlu disemprot lebih dulu secara individual untuk menjaga kesegarannya. Kalau usaha berhasil dan jumlah baglog yang dipelihara bertambah banyak, sekaligus mengurangi rasa lelah akibat terus-menerus memompa, tangki bisa diganti alat pengkabut khusus yang bekerja secara otomatis.

Sapu dan pasangannya dibutuhkan untuk menjaga kebersihan. Minimal sehari sekali sebaiknya kumbung dibersihkan. Senter gunanya untuk mengamati baglog satu persatu mengantisipasi gangguan hama, kontaminasi, pembusukan dll. karena kondisi kumbung bekas gudang yang tidak dipasang genteng kaca sehingga terasa gelap. Cutter berguna untuk melubangi baglog.

Thermo-hygrometer
Alat penting lainnya adalah thermo-hygrometer. Ini adalah gabungan antara termometer dan higrometer. Termometer mencatat kondisi suhu ruang kumbung sedangkan higrometer mencatat kelembaban. Harganya tidak terlalu mahal, sekitar 100 ribuan tergantung jenisnya.

Bagi sebagian petani alat ini tidak terlalu penting. Banyak yang telah berhasil meski tanpa alat ini.

Tapi buat saya alat ini adalah salah satu kunci untuk bisa menjaga dan menciptakan kondisi lingkungan yang tepat bagi pertumbuhan jamur kuping. Maklum masih pemula, kumbung yang dipakai bukanlah kumbung ideal, lokasinya pun seadanya. Kalau hanya menduga-duga kondisi suhu atau sekedar mencontoh tempat lain rasanya kurang pas karena setiap daerah, bahkan setiap kumbung, bisa memiliki kondisi suhu dan kelembaban yang berbeda. Adanya alat ini sangat membantu dalam mengetahui kondisi lingkungan secara lebih akurat sekaligus mencari cara menciptakan kondisi lingkungan yang baik buat pertumbuhan jamur kuping.  
 

Jamur Segudang Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates